Rumah Hemat Energi Tahap 2

Rumah ini berlokasi di sidoarjo , di perumahan pondok mutiara. asal mula rumah ini adalah rumah type 54 yang kami renovasi menjadi dua lantai yang yang sudah cukup mewadahi aktifitas keseharian dari keluarga bp guntur …..
..

pendekatan design dari rumah ini adalah memakai tema ” rumah hemat energi ” . sesuai permintaan bpk guntur yang sudah melirik design kami . yang juga rumah hemat energi milik bpk budianto di puri indah sidoarjo ,( http://roniarsitek.blogspot.com/2014/07/desain-arsitektur-tropis-hemat-energi.html )   . yg sudah terbukti secara teori maupun praktek . ruang dalam terasa sejuk walaupun tanpa AC , utnuk tema rumah bpk budianto . rumah hemat energi tahap 1 adalah , rumah ndeso modern. sedang milik bpk Guntur ini kami buat dengan tema , Rumah Hemat energi yang berbendar di malam hari . sehingga amat menarik untuk di lihat pendar cahaya malam hari nya . yang berpadu dengan kisi kisi roster angin angin yang kami design sedemikian rupa sehingga terlihat bagus , di kala siang maupun malam hari .

peran roster di sini adalah untuk mengalirkan udara luar ke dalam rumah secara seluasa , sehingga suplay udara segar dalam ruang bisa mengalir secara maximal. dan juga berfungsi sebagai elemen estetika dari rumah itu sendiri . bisa juga di katakan sebagai crafting in modernisme ”  sehingga harapan kami , walau dengan bahan bahan lokal seputaran sidoarjo tapi mampu tampil secara global. tapi tetep juga harus low profil di lingkungan sekitar. kami tidak ingin berteriak cuman kami pingin bersahaja itu saja . kata sang pemilik.

kebersahajaan itu tercipta dari design dengan memainkan skala d/h < 1 yg kemudian rajut sedemikian rupa sehingga menjadi kesatuan bentuk yang . unik dan menarik . walau dengan bahan yang sederhana . roster,conwood,alumunium dan kaca ,serta dinding bata plester . yg di padu dengan elemen lampu malam yang akan membiaskan bayang bayang roster dari ruang dalam yang terkena lampu .

untuk menghemat biaya pembangunan , sebagian kami memakai kembali bahan arsitektur yang ada , kayak genteng lama kami pake kembali, dinding lama lantai satu banyak kami pertahankan.

denah lay out banyak mempertahankan dinding lama supaya menghemat biaya pembangunan, konsep sirkulasi udara kami buat maximal dengan menangkap angin dari depan bangunan mengarah ke arah sumur angin belakang . sehinggga akan tercipta cross ventilation atau isis istilah orang jawa ..wesssss wesss seger udara berhembus membelai sang pemilik rumah. karena udara sering berganti maka tentu sang pemilik tidak mudah sakit sakitan karena udara kotor penyebap penyakit tiap hari di hembus sama sang angin .

demikan hal nya . anugrah matahari yang melimpah juga kami masukkan secara maximal dalam ruang sehingga menghemat energi listrik. karena semua ruang terang tanpa nyalakan listrik di kala siang hari .

perpaduan material lokal dengan unsur garis modern , crafting in modernisme arsitektur yang kami rajut dengan bahan roster udara,conwood,kaca dan alumium itu saja.

pola sirkulasi udara luar yang kami hembuskan ke dalam semua ruang . sehingga semua ruang terasa sejuk walau tanpa AC

data project
client : bpk guntur
lokasi : pondok mutiara sidoarjo
luas bangunan : 54 menjadi 200 m2
arsitek : m roni
status : design and build
tahun pembuatan design : mei 2015

sekiranya anda mau merajut rumah anda menjadi sejuk walau tanpa AC bisa call me At
p.roni  082232182000, 085851162000,085108384000

lihat karya kami yang lain

rumah hemat energi

Rumah hemat enegi

d1aa1-3dedit12b122bsmgforgreenhill   rumah-minimalis    RUMAH-MODERN-TROPIS (1)

3 pemikiran pada “Rumah Hemat Energi Tahap 2

  1. perkenalkan sy bu mia dr bdg sangat bkesan dg desain rmh sejuk dan hemat energi utk daerah tropis krn bdg skrg sdh panas. mohon bantuan utk renovasi desain tsn dg lahan 7 x 15 . yg akan di tambah lantai 2 . trims dg karya2 yg bagus itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s